Hingga Pertengahan Tahun, Serapan APBD Masih Dibawah 50 Persen

GAMBAR-BERITA18Hingga pertengahan tahun anggaran 2013, serapan anggaran di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masih cukup rendah. Data Tim Anggaran Pemkab Jember, serapan anggaran di bawah 40 persen.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Sugiarto mengaku, rendahnya serapan anggaran itu disebabkan karena masih terdapat proses tender fisik, di sejumlah skpd. sehingga wajar jika serapan anggaran masih di bawah 50 persen.

Meski demikian Sugiarto mengaku optimis, serapan anggaran akan bisa maksimal, di akhir tahun 2013 mendatang. sebab saat ini seluruh skpd yang anggarannya berkaitan dengan fisik, sudah mulai proses berjalan.

Sementara itu Anggota Komisi C Dprd Jember M Sunardi meminta kepada Pemkab Jember, untuk segera mempercepat serapan anggaran di seluruh skpd. ia kawatir, jika hingga pertengahan tahun ini saja belum sampai 50 persen, maka abpd tahun 2013 tidak akan bisa digunakan secara maksimal.

Sunardi mengaku, dalam waktu dekat Komisi C akan melakukan evaluasi secara menyeluruh, apa yang menyebabkan serapan anggaran itu rendah. apakah terkendala dengan aturan atau murni karena tehnis.

(525 views)
Tags: