Wakil Ketua Komisi C Ragukan Data Laka Lantas Di Jalan Hayam Wuruk

GAMBAR-BERITA18Wakil Ketua Komisi C Dprd Jember Yudi Hartono, meragukan data kajian yang menyebutkan median jalan hayam wuruk berbahaya bagi pengguna jalan. karenanya yudi tidak sepakat jika kemudian median jalan yang sudah dibangun oleh investor dibongkar.

Menurut Yudi, selama ini banyak informasi di masyarakat, yang menyebutkan bahwa angka kecelakaan meningkat pasca adanya median jalan hayam wuruk. tetapi tidak pernah ada data kongkrik berapa besar peningkatan angka kecelakaan lalu lintas, dibanding sebelum adanya median jalan.

Apalagi menurut yudi, sebelum pembangunan median jalan tersebut dilakukan, tentu sudah dikoordinasikan dengan beberapa instansi terkait, termasuk forum lalu lintas. menjadi pertanyaan besar buat yudi, jika kemudian setelah berjalan sekian lama, baru saat ini dipersoalkan.

Kepala Dinas Pu Bina Marga Jember Rasyid Zakaria dalam hearing bersama komisi c dprd jember beberapa waktu lalu mengatakan, mengaku tidak tahu menahu terkait proses p[embangunan median jalan hayam wuruk.

Sejak awal investor tidak pernah berkoordinasi dengan dengan pu bina marga kabupaten. rasyid bahkan menuding investor median jalan merupakan investor yang sakti. meski tidak pernah berkoordinasi dengan instansi terkait, tetapi bisa membangun dengan lacar. terkait rekomendasi komisi c agar median jalan di bongkar, rasyid juga tidak akan ikut campur.

Sementara Kasat Lantas Polres Jember Akp Purbaya ketika di konfirmasi sebelumnya mengatakan, dari sisi lalu lintas, sebenarnya pembangunan median jalan di sepanjang hayam wuruk saat ini kurang bermanfaat. justru dengan adanya median jalan sebelum tuntasnya pelebaran, semakin berbahaya bagi pengguna jalan. terbukti dari data yang ada, angka kecelakaan lalu lintas sejak adanya median jalan semakin meningkat.

Purbaya juga mengatakan, dalam forum lalu lintas sat lantas juga sudah menyampaikan keberatannya, atas rencana pembangunan median jalan. namun kenyataannya, meski keberatan dan kajian sudah disampaikan, pembangunan median jalan masih saja jalan terus.

Dari data Unit Laka Lantas Polres Jember, Sejak Bulan Januari 2012 Hingga Februari 2013, tercatat terjadi 15 kali kejadian kecelakaan lalu lintas di sepanjang median jalan hayam wuruk, dengan satu orang korban meninggal dunia.

(539 views)
Tags: