KPU Jember Siapkan 11 Konsep Penambahan Dapil

ketty triKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuapten Jember menyiapkan 11 konsep untuk penambahan daerah pemilihan, atau dapil. demikian disampaikan Ketua Kpu Jember Ketty Tri Setyorini.

Kepada Kiss Fm Ketty menjelaskan, saat ini kpu sudah merampungkan kajian terkait penambahan dapil. namun apakah 11 konsep tersebut harus diplenokan kemudian ditetapkan diambil satu, atau harus melibatkan parpol pada saat penetapan dapil, kpu belum bisa memastikan.

Ini dikarenakan hingga hari ini, peraturan kpu tentang penambahan dapil belum ditetapkan. yang ada hari ini hanya surat edaran dari kpu pusat. kpu diberikan waktu maksimal tanggal 2 maret, untuk menetapkan perubahan dapil.

KPU jember sendiri lanjut Ketty, telah berancang- ancang akan menambah dapil, dengan sejumlah pertimbangan. Misalkan jalur distribusi, kemudian pertambahan pendudukan, dan kondisi sosial masyarakat. Ia mencontohkan kecamatan kota akan digabung menjadi satu dapil, atau justru akan dipisah.

Ketty meminta kepada partai politik, untuk sedikit bersabar terkait penetapan dapil. sebab kpu sendiri masih menunggu turunnyua peraturan kpu pusat. kpu akan berusaha semaksimal mungkin, agar kepastian penambahan dapil segera ditetapkan.

(679 views)
Tags: