Dirut PDP Minta Penerapan Umk Tidak Gebyah Uyah

GAMBAR-BERITA18Perusahaan Daerah Perkebunan Pdp Kahyangan, berusaha sedapat mungkin menerapkan umk yang sudah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Timur. Demikian Disampaikan Direktur Pdp Kahyangan Jember Sudjatmiko.

Menurutnya, ada persoalan tertentu yang mengakibatkan gaji yang diterima tidak sesuai umk. salah satunya lanjut Sudjatmiko gaji untuk buruh borongan seperti sadap karet. upah yang mereka terima tergantung dari produktifitas mereka sendiri.

Buruh dengan produktifitas tinggi bisa jadi upah yang diterima diatas umk. tetapi buruh yang dalam sehari hanya bekerja 3 sampai 4 jam, tentu tidak bisa disamakan dengan buruh yang bekerja sepanjang hari. begitu juga dengan pekerja borongan yang jadwal kerjanya tidak setiap hari.

Lebih jauh Sudjatmiko menjelaskan, ada juga model pekerjaan di kebun yang seharusnya cukup dikerjakan dua orang, tetapi karena ada kesepakatan buruh, kemudian dikerjakan 4 orang. akibatnya upah untuk dua orang tersebut harus dibagi menjadi upah 4 orang. namun untuk buruh tetap sudjatmiko memastikan mendapatkan upah sesuai dengan umk yang sudah ditetapkan.

Bahkan saat ini PDP sudah tidak lagi menghitung komponen perumahan, listrik, air transpor dan fasilitas lain yang diberikan oleh perusahaan. padahal sejumlah perusahaan perkebunan lain masih banyak yang memperhitungkan komponen tersebut dalam upah yang diberikan.

(610 views)
Tags: