4 Parpol Tidak Siap Diverifikasi Faktual

Empat Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2014 mendatang, menyatakan tidak siap untuk diverifikasi faktual, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Empat Partai itu, Partai Republika Nusantara (RepublikaN), Partai Nasional Benteng Kerakyatan (PNBKI), Partai Nasional Republik (Nasrep), dan PPDI.

Ketua Kpu Kabupaten Jember Ketty Tri Setyorini mengatakan, beberapa waktu yang lalu, KPU Jember menerima surat dari kpu pusat, untuk partai Republikan Dan PNBKI, diperintahkan untuk tidak dilakukan verifikasi. sebab pimpinan kedua partai itu, secara resmi telah mengirim surat ke kpu pusat, bahwa tidak akan mengikuti verifikasi faktual.

Sedangkan untuk Partai Nasrep Dan PPDI, KPU Jember pada saat melakukan verifikasi, pengurus dua partai itu secara lisan juga menyatakan tidak siap. Meski demikian, KPU masih menunggu surat resmi dari kedua pengurus parpol itu.

Jika surat tersebut telah diterima KPU, secara otomatis kpu akan membuat keputusan, 4 parpol dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS ) verifikasi faktual. Surat tersebut akan dikirimkan kepada kpu provinsi dan pusat.

Verifikasi faktual tambahan ini, merupakan perintah dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). DKPP memutuskan agar 18 parpol, yang sebelumnya dinyatakan tidak lulus administrasi, untuk diikutkan proses verifikasi faktual.

(546 views)
Tags: