4 Partai Parlemen Tidak Memenuhi Syarat Minimal Memiliki Seribu Anggota

4 partai parlemen tidak memenuhi syarat verifikasi faktual, khususnya terkait syarat memiliki anggota sekurang-kurangnya seribu orang. Demikian Disampaikan Ketua Kpu Kabupaten Jember Catty Tri Setorini.

Keempat partai parlemen yang tidak memenuhi kriteria memiliki minimal seribu anggota diantaranya Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, PPP dan PDP. Khusus untuk PDP, memang kpu sama sekali tidak melakukan verifikasi faktual, karena sejak awal sudah tidak menyerahkan satupun kartu tanda anggota untuk diverifikasi.

Sesuai jadwal, hingga tanggal 27 November menjadi kewajiban kpu untuk menyampaikan hasil ini kepada pengurus partai politik. selanjutnya partai politik diberi batas waktu hingga 3 desember untuk melengkapi kekurangan tersebut, saat kpu melakukan verifikasi lanjutan.

Selain 4 partai parlemen tersebut, ada 3 partai non parlemen yang juga dinyatakan tidak memenuhi syarat memiliki minimal seribu anggota. diantaranya Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Sama halnya dengan partai demokrat pembaharuan, kpu juga tidak melakukan verifikasi terhadap partai bulan bintang, karena sejak awal tidak menyerahkan berkas sama sekali. sedangkan yang tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan hanya Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang hanya memiliki 16 persen perempuan dalam susunan kepengurusannya.

 

(610 views)
Tags: