Mencermati Target P-A-D 12,5 Milyar Rupiah Dari PDP

Belum lama ini Komisi C DPRD Jember merekomendasikan agar Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Jember, tetap memenuhi target Pendapatan Asli Daerah sebesar 12,5 Milyar Rupiah. Pasalnya target tersebut telah ditetapkan dalam APBD Jember Tahun 2010. Namun kemarin Sekeretaris Daerah Kabupaten Jember Sugiarto menyatakan, Pemkab Jember tidak akan memaksa PDP untuk memenuhi target yang telah diamanahkan dalam APBD tersebut. Apa alasan sekda tidak membebani PDP untuk memenuhi target tersebut? Kemudian bagaimana Komisi C menyikapi sikap Pemkab Jember tersebut?

Persoalan turunnya pendapatan di PDP menjadi sorotan tajam dari berbagai elemen masyarakat dan anggota dewan. Seperti diketahui Komisi C DPRD Jember berkali-kali memanggil jajaran direksi PDP untuk melakukan evaluasi terkait penurunan P-A-D tersebut.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Sugiarto, memang pada saat penetapan APBD Jember tahun 2010, PDP ditarget mampu menyetor P-A-D ke kas daerah sebesar 12,5 milyar rupiah.

Namun dalam perjalanannya, setelah Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) melakukan audit, ternyata PDP pada tahun 2010 hanya mampu memenuhi pendapatan sebesar 7,5 Milyar Rupiah.

Jadi lanjut Sugiarto, dirinya sebagai Ketua Tim Anggaran Pemkab Jember, akan menggunakan audit BPKP tersebut untuk dijadikan dasar target P-A-D dari PDP Jember, sebab BPKP merupakan auditor Negara. Meski demikian jika DPRD Jember ingin mengkritisinya, Sugiarto tetap mempersilahkan. Hanya saja hal tersebut sudah diluar kewenangannya.

Anggota Komisi C DPRD Jember Ayub Junaidi mengatakan, memang sejauh ini pihaknya belum menindaklanjuti pembahasan PDP di internal komisi. Hanya saja secara pribadi dirinya tetap konsisten sebagaimana rekomendasi awal, PDP tetap wajib memenuhi target P-A-D sebesar 12, 5 milyar rupiah.

Sekretaris DPC PKB Jember itu berasalan, target sebesar 12,5 milyar tersebut merupakan amanah APBD Jember tahun 2010. Jika memang PDP tidak sanggup memenuhi target tersebut, semestinya disampaikan di awal pembahasan R-APBD Lalu.

Apalagi jika mengacu pada pendapatan tahun 2009, PDP berhasil menyumbang PAD sebesar 11 milyar lebih. Jadi target sebesar 12,5 milyar tersebut sangat realistis.

Ayub mengaku siap akan mendatangkan auditor independent, untuk mengaudit PDP. sebab sejak awal dirinya mencurigai ada ketidakberesan pada pengelolaan aset di PDP.

Sebelumnya Direktur Utama PDP Syafril Jaya mengaku siap untuk memenuhi target yang direkomendasikan komisi c beberapa waktu lalu. Hanya saja agar tidak menyalahi prosedur yang ada, Syafril meminta rekomendasi resmi dari DPRD Jember. Rekomendasi tersebut akan dijadikan sebagai dasar untuk memenuhi target, meskipun hal tersebut dianggap piutang PDP dalam APBD. selain itu PDP akan melakukan konsultasi dengan BPKP.

(933 views)
Tags: