Pembangunan Masjid Cheng Ho Terganjal Rekomendasi Dprd

Rencana pembangunan masjid cheng ho di jalan Hayam Wuruk terhambat karena belum adanya tanda tangan ketua DPRD Jember. Anehnya ketua komisi A DPRD Jember sendiri bingung kenapa rekomendasi tersebut tidak segera turun. Padahal rekomendasi komisi A kepada pimpinan sudah selesai beberapa bulan yang lalu.

Ketua komisi A DPRD Jember Jufreadi menerangkan, pembahasan hibah tanah pemkab untuk pembangunan masjid cheng ho sudah selesai. Dari 9 anggota komisi A, 2 orang dari fraksi Demokrat memang menolak tanda tangan. Meski demikian karena 7 dari 9 anggota setuju, rekomendasi diteruskan ke pimpinan DPRD untuk di bawa ke rapat banmus yang akan mengagendakan paripurna.

Tetapi menurut Jufreadi, sampai hari ini ketua DPRD masih belum menindaklanjuti rekomendasi komisi A tersebut. Jufreadi sendiri mengaku bingung apa kekurangannya sehingga ketua DPRD tidak menindaklanjuti rekomendasi komisi A tersebut. Padahal semua prosedur sudah dipenuhi.

Sementara haji Lauw Song Tjai wakil ketua Pembina Islam Tauhid Indonesia atau PITI yang juga ketua panitia pembangunan masjid cheng ho mengatakan, sebenarnya yayasan Cheng Ho menargetkan pembangunan dimulai sejak 2 bulan lalu. Bahkan menurut Song Tjai, bupati dan komisi A sudah tidak ada persoalan. Hanya tinggal menunggu tindak lanjut dari pimpinan DPRD Jember.

Menurut Song Tjai, pembangunan masjid Cheng Ho di kawasan Hayam Wuruk ini diperkirakan akan menghabiskan biaya sebesar 2 milyar rupiah. Pada prinsipnya sejak beberapa bulan lalu pihak yayasan Cheng Ho sudah siap segala sesuatu utk pembangunan masjid Cheng Ho. Hanya tinggal menunggu rekomendasi DPRD Jember.

Diberitakan sebelumnya, yayasan cheng ho berencana membangun masjid di kawasan Hayam Wuruk karena dinilai sebagai lokasi yang paling potensial untuk meningkatkan dahwah islam, terutama kepada kalangan warga keturunan cina. Daerah tersebut dinilai potensial karena di sekitar lokasi ini banyak bermukim masyarakat keturunan cina.

Selain untuk meningkatkan dakwah islam, keberadaan masjid cheng ho juga diharapkan bisa menjadi tambahan obyek wisata religi di kabupaten Jember. Dengan bantuan pemerintah kabupaten masjid cheng ho selain dipakai untuk beribadah juga bisa digunakan untuk sarana wisata seperti masjid cheng ho di daerah-daerah lain.

(977 views)
Tags: