600 Orang Calon Jmaah Haji Masuk Kategori Beresiko Tinggi

Sedikitnya 600 orang calon jamaah haji asal Jember dinyatakan masuk kategori beresiko tinggi. Mereka dinyatakan resti karena menderita berbagai macam penyakit dan dalam kondisi usia lanjut. Hal ini diketahui setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh calon jamaah haji.

Humas RSUD DR Subandi Yudi Nugroho mengatakan, dari hasil pemeriksaan 338 orang diantaranya harus menjalani perawatan kesehatan  di RSUD DR Subandi sementara sisanya dilayani di RSUD Balung. Yudi menjelaskan, kondisi mereka diketahui rawan setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua di laboratorium RSUD DR Subandi beberapa hari lalu.

Menurut Yudi, ada dua kategori jamaah haji masuk kategori beresiko tinggi. Pertama karena berusia lanjut dan kategori resti kedua karena menderita penyakit seperti jantung, paru-paru dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Meski demikian sejauh ini lanjut Yudi, pihaknya belum memberikan rekomendasi gagal berangkat karena kondisinya masih terkontrol.

Lebih jauh Yudi menjelaskan, pihaknya hanya merekomendasikan kepada calon jamaah haji berisiko tinggi untuk terus menjalani kontrol secara rutin sebelum berangkat. Jika pihak rumah sakit mendeteksi adanya gejala penyakit mereka akan kambuh, bisa jadi pihak rumah sakit merekomendasikan agar pemberangkatan calon jamaah tersebut dibatalkan.

(986 views)
Tags: