16 Kecamatan Rawan Serangan Hama Wereng

Kepala dinas pertanian Jember Hari Wijaya minta petani lebih sering berkoordinasi dengan petugas pertanian dilapangan, untuk memaksimalkan pengendalian hama penyakit tanaman. Sebab dengan perubahan iklim saat ini tanaman pertanian sangat rentan terhadap hama. Setidaknya ada 16 kecamatan di Jember yang rawan terserang hama wereng coklat.

Menurut Hari Wijaya, iklim cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, diperkirakan peningkatan lahan yang terkena serangan hama penyakit mencapai 15 persen lebih tinggi dibanding tahun kemarin. Untuk itu menjadi tugas bersama untuk mengurangi kecepatan penyebaran hama penyakit tersebut.

Solusinya lanjut Hari, dinas pertanian sudah menyarankan kepada petani untuk sementara waktu beralih menanam tanaman palawija, khususnya untuk 16 kecamatan yang dinilai sangat rentan hama. Solusi ini bukan berarti tidak ada kendala. Sebab ketika petani sudah bersedia menanam palawija, ternyata curah hujan di Jember cukup tinggi sehingga masa tanam harus diundur selama hampir satu buan.

Hari mengakui ada petani di beberapa wilayah kecamatan mengalami gagal panen. Terutama di daerah Sukorambi dan Rambipuji, yang sejak tahun kemarin menjadi daerah endemik hama wereng. Sedangkan diwilayah timur sudah mulai ada beberapa lahan yang terserang, tetapi maih belum terlalu menyebar.

Untuk itu hari berharap petani lebih sering lagi berkomunikasi dengan petugas penyuluh pertanian dilapangan agar serangan hama yang sudah mulai muncul ini tidak berkembang dengan cepat.

(713 views)
Tags: