Menguji Kinerja Pimpinan Baru DPRD Jember

Beberapa waktu lalu, Pimpinan DPRD Jember Periode 2009-2014 telah ditetapkan. Mereka yang terpilih, merupakan delegasi dari empat besar partai politik, peraih suara terbanyak di pada pilleg lalu. Ialah Saptono Yusuf Dari Partai Demokrat, Lukman Winarno Dari PDI Perjuangan, Miftahul Ulum Dari PKB Dan Marzuki Dari PKNU. Pertanyaan sekarang adalah, bagaimana komentar anggota dewan terkait empat pimpinan yang baru ini? Kemudian, bagaimana pula komitmen pimpinan DPRD yang baru, terutama menyelesaikan PR dari periode kemarin?

Banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan wakil rakyat yang baru. Terutama persoalan yang diwariskan oleh anggota dewan sebelumnya. Seperti, persoalan Tambang Mangan Di Silo, Rumpon Puger dan masih belum selesainya beberapa perda inisiatif.

Menurut Ketua DPRD Jember, Saptono Yusuf, dirinya beserta empat pimpinan yang lain, tetap berkomitmen untuk menyelesaikan pr yang masih belum diselesaikan oleh wakil rakyat periode lalu. Hanya saja lanjut Saptono, persoalannya sejauh ini alat kelengkapan berupa komisi belum terbentuk. Pasalnya, peraturan pemerintah yang mengatur mengenai susduk belum juga turun.

Untuk sementara waktu kata dia, pimpinan DPRD dan fraksi telah membentuk Panitia Khusus Tata Tertib Dewan. Pasca pembahasan Tatib, menurut Saptono akan langsung membahas persoalan komisi.

Senada dengan Saptono, Wakil Ketua DPRD Jember Lukman Winarno mengaku, jika PR yang ia emban cukup banyak, belum lagi di tambah persoalan yang baru muncul, semenjak ia menjabat. Sebenarnya kata Lukman, tugas sebagai wakil rakyat, tidak harus menunggu alat kelengkapan dewan, sebab butuh tindakan yang cepat jika muncul masalah di masyarakat.

Lukman menambahkan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin, untuk mempercepat pembentukan alat kelengkapan dewan, sebab jika tidak, persoalan yang ada di masyarakat tidak akan cepat terselesaikan.

Lukman menghimbau kepada masyarakat, untuk sedikit bersabar. Ia menjamin setelah hari raya nanti, semua alat kelengkapan dewan sudah terbentuk. Dan sejauh ini kata Lukman, pihaknya sudah membentuk panitia khusus yang akan membahas tatib.

Keberadaan empat pimpinan baru ini, rupanya mendapatkan apresiasi positif dari anggota dewan lainnya. Salah satunya HM Thoif Zamroni. Menurutnya, meski dua pimpinan DPRD masih berstatus wajah baru di gedung dewan, namun dirinya mereka akan mampu bekerjasama dengan maksimal. Terbukti kata dia, pada saat beberapa rapat internal anggota DPRD, keempatnya sangat kompak.

Kemudian lanjut Thoif, dengan jumlah empat orang pimpinan, maka kegiatan komisi nantinya akan lebih maksimal, sebab, masing-masing komisi akan didampingi oleh salah satu pimpinan.

(535 views)
Tags: